Minggu, 05 Desember 2010

analisis kasus

KASUS FRANCHISE LOKAL, USAHA RITEL MINIMARKET

INDOMARET DAN ALFAMART

  1. Strategi Mencapai Keunggulan Bersaing

Strategi yang di gunakan dapat simpulkan dalam kasus tersebut adalah adanya strategi dapat memilih lokasi yang strategis dimana dapat di jumpai dan mudah dikenal oleh kalangan masyarakat. Contohnya letaknya dipiggir jalan raya dimana setiap orang selalu bisa mengunjungi indomaret atau alfamart kapan saja dengan tempat yang mudah dicari. Selain itu untuk keunggulan bersaing idomaret atau alfamart selalu memberikan produksi – produksi yang bisa di percaya mutunya dengan harga yang relatif. Dan tempatnya yang menyenangkan. Selain itu dengan adanya alfamret atau indomart pendagang kecil juga dapat membuka gerai di dekat indomaret tersebut. Sehingga tidak hanya menguntungkan bagi indomaret atau alfamart tetapi juga orang lain.

  1. Kepemimpinan Dan Pengambilan Keputusan

Kepemimpinan dalam indomaret atau alfamart sangat rapi dan terkontrol dengan baik, karena sebelumnya sudah di latih dengan mengikuti pelatihan – pelatihan dan juga survey lokasi untuk pengambilan keputusan dimana letak yang strategis untuk membuka indomaret atau alfamart.

Pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pihak indomaret atau alfamart adalh berani mengambil resiko adanya daya saing antara keduanya dengan market - market yang sejenisnya, dengan mengedepankan kualitas produk dan juga pelayanan kepada konsumen yang baik.

  1. Membangun Ide Kreatif Dan Inovatif

Yang saya ketahui di setiap indomaret atau alfamart selalu memberikan hal – hal yang kreatif dan inovatif, keduanya mempunyai daya tarik tersendiri untuk menyenangkan pelanggan, misalnya : ketika konsumen baru masuk indomaret atau alfamart selalu di sapa dengan kata – kata ”selamat datang” dengan di tambahi dengan kata – kata lain, selain itu juga ketika konsumen membawa anak kecil itu di beri hadiah balon sehingga konsumen merasa di muliakan, sehingga dapat mencuri perhatian konsumen untuk kembali lagi ke indomaret atau alfamart yang selanjutnya. Hal ini juga ide kreatif dan inovatif unutk menggaet konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar