Selasa, 23 November 2010

laporan PKL Q

BAB II

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

  1. Pertemuan 1

Pada pertemuan pertama yakni hari Rabu tanggal 21 Juli 2010, di kelas XI IPA 2 pada jam ke – 7-8. Dengan alokasi waktu 90 menit. Adapun materi yang akan di ajarkan  sesuai dengan RPP sebagai berikut :

 

*      Standar Kompetensi :

 Memahami Ayat – Ayat Al-Qur’an Tentang Kompetisi Dalam Kebaikan

 

*      Kompetensi dasar :

·         Membaca Q.S al-Baqarah 148

·         Menyebutkan arti Q.S al-Baqarah 148

·         Menjelaskan Ilmu tajwid pada Q.S al-Baqarah

·         Menjelaskan isi kandungan dan menterjemahkan Q.S al-Baqarah 148

·         Menampilkan perilaku baik dalam kehidupan sehari – hari sesuai dengan Q.S al-Baqarah 148

 

*      Langkah – langkah dalam pembelajaran :

 

Pertemuan 1

 

NO

Kegiatan

Waktu

Nilai karakter dan kewirausahaan

A

Kegiatan awal

  1. Appersepsi
  1. Memberikan gambaran tentang materi yang akan diajarkan
  2. Guru mengaitkan materi pelajaran pada pertemuan pertama dengan pertemuan kedua
  1. Motivasi
  1. Menjelaskan tujuan pembelajaran
  2. Menjelaskan langkah – langkah pembelajaran berdasarkan metode
  3. Menggambarkan tentang sistem penilaian

10

Kompetisi Dalam Kebaikan

 

B

Kegiatan Inti

  1. Guru membacakan Q.S al-Baqarah 148 di ikuti dengan siswa
  2. Siswa membaca Q.S al-Baqarah secara bersama – sama dengan tutor sebayanya
  3. Guru menjelaskan arti perkata Q.S al-Baqarah 148
  4. Guru menjelaskan hukum bacaan (ilmu tajwid) dalam  Q.S al-Baqarah 148
  5. Mendiskusikan kandungan Q.S al-Baqarah 148
  6. Menjawab pertanyaan dari guru tentang kandungan Q.S al-Baqarah 148
  7. Guru memberikan contoh perilaku dalam kehidupan sehari – hari yang berkaitan dengan Q.S al-Baqarah 148
  8. Siswa mendiskusikan perilaku yang berkaitan dengan Q.S al-Baqarah 148
  9. Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok
  10. Guru memberi komentar

70

C

Kegiatan Penutup

  1. Guru dan siswa menyimpulkan materi pembahasan yang baru saja disampaikan
  2. Refleksi kegiatan pembelajaran
  3. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa

10

 

*      Materi:

§  Ayat – ayat tentang anjuran berlomba – lomba dalam kebaikan

9e@ä3Ï9ur îpygô_Ír uqèd $pkŽÏj9uqãB ( (#qà)Î7tFó$$sù ÏNºuŽöyø9$# 4 tûøïr& $tB (#qçRqä3s? ÏNù'tƒ ãNä3Î/ ª!$# $·èŠÏJy_ 4 ¨bÎ) ©!$# 4n?tã Èe@ä. &äóÓx« ֍ƒÏs% ÇÊÍÑÈ

Artinya : Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.( al-Baqarah 148)

§  Isi kandungan Q.S al-Baqarah 148

Isi kandungannya antara lain yaitu :

  • Setiap umat memiliki kiblat sendiri – sendiri yaitu syariat yang mereka  jalani
  • Setiap umat hendaknya menggunakan akal dan segenap kemampuannya untuk berlomba – lomba dalam kebaikan dan mencari agama yang sempurna
  • Allah mewariskan kitab suci al-Qur’an kepada hamba – hambaNya yang terpilih yaitu umat islam

 

*      Keadaan siswa:

 

Awal masuk kelas siswa menyambut dengan senang, walaupun ada yang ramai, namun kegiatan pembelajaran dapat terlaksana sesuai dengan apa yang telah di rencanakan dalam RPP.

 

*      Hambatan – hambatan dan solusi dalam proses pengajaran

pada pertemuan pertama guru memperkenalkan diri di depan murid – murid, setelah itu guru memulai menjelaskan sistematika pembelajaran. Ada 1 langkah yang terlupakan oleh guru yaitu penjelasan tentang tujuan pembelajaran. Hal ini tanpa di sadari oleh guru, setelah mengadakan evaluasi bersama Team Teching. Ketika guru menjelaskan materi siswa mendengarkan dengan baik, semua memperhatikan dan menyimak penjelasan dari guru, dan ketika ada murid yang ramai, guru segera mengkondisikan, semua proses pembelajaran berjalan dengan lancar, ini merupakan awal yang baik karena murid – murid kelas XI IPA 2 ternyata pintar – pintar, setelah guru menjelaskan kemudian mengadakan tanya jawab, namun kelemahan disini siswa tidak ada yang aktif bertanya, namun ketika guru bertanya siswa bisa menjawab. Ini merupakan suatu keanehan tersendiri, tapi guru patut bersyukur karena siswa – siswi bisa memahami penjelasan guru.

Setelah guru menjelaskan materi kemudian guru mengadakan latihan soal, hal ini bertujuan agar guru bisa mengukur sejauh mana pemahaman siswa tentang penjelasan materi yang hari ini, sehingga bisa mengasah kemampuan berfikir siswa dengan adanya soal – soal yang telah guru siapkan.

Setelah latihan soal selesai kemudian di koreksi bersama, dan hasil dari latihan  soal pada materi hari ini ternyata memuaskan, mayoritas mendapatkan nilai diatas rata-rata.

Sebelum mengakhiri pertemuan pertama guru memberi tugas untuk di kerjakan dirumah, dan menjanjikan akan di beri hadiah jika siswa mampu menyelesaikan tugas dengan baik.

 

  1. Pertemuan II

 

Pada pertemuan ke-dua yakni hari Rabu tanggal 28  Juli 2010, di kelas XI IPA 2 pada jam ke – 7 – 8, dengan alokasi waktu 90 menit. Adapun materi yang akan di ajarkan  sesuai dengan RPP sebagai berikut :

 

*      Standar Kompetensi :

 Memahami Ayat – Ayat Al-Qur’an Tentang Kompetisi Dalam Kebaikan

 

*      Kompetensi dasar :

  1. Membaca Q.S Fathir 32
  2. Menyebutkan arti Q.S Fathir 32
  3. Menjelaskan Ilmu tajwid pada Q.S Fathir 32
  4. Menjelaskan isi kandungan dan menterjemahkan Q.S Fathir 32
  5. Menampilkan perilaku baik dalam kehidupan sehari – hari sesuai dengan Q.S Fathir 3

 

*      Langkah – Langkah Pembelajaran

 

NO

Kegiatan

Waktu

Nilai karakter dan kewirausahaan

A

Kegiatan awal

  1. Appersepsi
  1. Memberikan gambaran tentang materi yang akan diajarkan
  2. Guru mengaitkan materi pelajaran pada pertemuan pertama dengan pertemuan kedua
  1. Motivasi
  1. Menjelaskan tujuan pembelajaran
  2. Menjelaskan langkah – langkah pembelajaran berdasarkan metode
  3. Menggambarkan tentang sistem penilaian

10

Kompetisi Dalam Kebaikan

 

B

Kegiatan Inti

  1. Guru membacakan Q.S Fathir 32 di ikuti dengan siswa
  2. Siswa membaca Q.S Fathir 32 secara bersama – sama dengan tutor sebayanya
  3. Guru menjelaskan arti perkata Q.S Fathir 32
  4. Guru menjelaskan hukum bacaan (ilmu tajwid) dalam Q.S Fathir 32
  5. Mendiskusikan kandungan Q.S Fathir 32
  6. Menjawab pertanyaan dari guru tentang kandungan Q.S Fathir 32
  7. Guru memberikan contoh perilaku dalam kehidupan sehari – hari yang berkaitan dengan Q.S Fathir 32
  8. Siswa mendiskusikan perilaku yang berkaitan dengan Q.S Fathir 32
  9. Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok
  10. Guru memberi komentar
  11. Guru mengadakan Ulangan harian

70

C

Kegiatan Penutup

  1. Guru dan siswa menyimpulkan materi pembahasan yang baru saja disampaikan
  2. Refleksi kegiatan pembelajaran
  3. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa

10

 

 

 

*      Materi

 

v  Ayat – Ayat Tentang Berkompetisi Dalam Kebaikan (Q.S Fathir 32)           

§NèO $uZøOu÷rr& |=»tGÅ3ø9$# tûïÏ%©!$# $uZøŠxÿsÜô¹$# ô`ÏB $tRÏŠ$t7Ïã ( óOßg÷YÏJsù ÒOÏ9$sß ¾ÏmÅ¡øÿuZÏj9 Nåk÷]ÏBur ÓÅÁtFø)B öNåk÷]ÏBur 7,Î/$y ÏNºuŽöyø9$$Î/ ÈbøŒÎ*Î/ «!$# 4 šÏ9ºsŒ uqèd ã@ôÒxÿø9$# 玍Î7x6ø9$# ÇÌËÈ

Artinya : Kemudian Kitab itu kami wariskan kepada orang-orang yang kami pilih di antara hamba-hamba kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan[1260] dengan izin Allah. yang demikian itu adalah karunia yang amat besar.

[1260]  yang dimaksud dengan Orang yang menganiaya dirinya sendiri ialah orang yang lebih banyak kesalahannya daripada kebaikannya, dan pertengahan ialah orang-orang yang kebaikannya berbanding dengan kesalahannya, sedang yang dimaksud dengan orang-orang yang lebih dahulu dalam berbuat kebaikan ialah orang-orang yang kebaikannya amat banyak dan amat jarang berbuat kesalahan.

v  Isi Kandungan  Q.S Fathir 32

Isi kandungannya antara lain yaitu :

  • Setiap umat memiliki kiblat sendiri – sendiri yaitu syariat yang mereka  jalani
  • Setiap umat hendaknya menggunakan akal dan segenap kemampuannya untuk berlomba – lomba dalam kebaikan dan mencari agama yang sempurna
  • Allah mewariskan kitab suci Al-qur’an kepada hamba – hambaNya yang terpilih yaitu umat islam

*      Keadaan siswa

Pada pertemuan kedua proses pembelajaran di kelas XI 2 IPA berjalan sesuai dengan RPP, awal masuk kelas siswa ramai namun guru segera mengkondisikan.  

*      Hambatan – hambatan dan solusi  dalam proses pengajaran

Guru  memulai proses pembelajaran sesuai dengan langkah  - langkah pembelajaran. Dan menjelaskan materi dengan menampilkan power point dan guru juga menampilkan video yang berkaitan tentang materi yang di sampaikan. Hal ini bertujuan untuk menambah pengetahuan siswa agar lebih mudah untuk memahami apa yang telah di sampaikan oleh guru.

Setelah penjelasan materi usai, kemudian guru mengadakan ulangan harian untuk SK pertama, jadi pada setiap SK guru akan mengadakan ulangan harian yang bertujuan untuk mendalami materi yang telah di sampaikan oleh guru. Sebelum guru mengakhiri pembelajaran di kelas, guru menyampaikan siswa terbaik dalam mengerjakan tugas yang di berikan pada pertemuan sebelumnya. Guru juga memberikan hadiah, hadiah ini untuk memotivasi siswa agar selalu semangat dalam belajar, tidak hanya belajar di kelas tapi juga belajar di rumah.

 

  1. Pertemuan III

Pada pertemuan ke-tiga hari Rabu  tanggal 4 Agustus  2010,  di kelas XI IPA 2 pada jam ke –7 – 8, Dengan alokasi waktu 90 menit. Adapun materi yang akan di ajarkan  sesuai dengan RPP sebagai berikut :

 

*      Standar Kompetensi :

            Meningkatkan Keimanan Kepada Rasul – Rasul Allah

 

*      Kompetensi Dasar :

  1. Menjelaskan pengertian iman kepada para Rasul Allah
  2. Menjelaskan tanda – tanda beriman kepada para  Rasul Allah
  3. Menyebutkan contoh – contoh perilaku beriman kepada para Rasul Allah

 

*      Langkah – langkah pembelajaran

No

Kegiatan

Waktu

Nilai karakter dan kewirausahaan

A

Kegiatan Awal

  1. Appersepsi
  1. Memberikan gambaran tentang materi yang akan diajarkan
  2. Meng – ON kan siswa
  1. Motivasi
  1. Menjelaskan tujuan pembelajaran
  2. Menjelaskan langkah – langkah pembelajaran berdasarkan metode
  3. Menggambarkan tentang sistem penilaian

10

keimanan kepada para Rasul Allah

 

 

B

Kegiatan inti

  1. Siswa menyebutkan rukun iman
  2. Siswa menjelaskan pengertian iman kepada para  Rasul Allah
  3. Menjawab pertanyaan dari guru tentang tanda – tanda beriman kepada para Rasul Allah
  4. Mendiskusikan contoh iman kepada para Rasul Allah

70

C

Kegiatan penutup

  1. Guru dan siswa menyimpulkan materi pembahasan yang telah disampaikan
  2. Refleksi kegiatan pembelajaran
  3. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa

10

 

 

*      Materi Ajar :

  1. Pengertian iman kepada para  Rasul Allah

Iman kepada para Rasul Allah yaitu percaya  bahwa Rasul Allah adalah seseorang yang diutus dan di tugaskan Allah untuk menyampaikan ajaran Allah (wahyu) yang diterimanya kepada umat manusia agar dijadikan pedoman hidup.

  1. Tanda – tanda beriman kepada para Rasul Allah

1.      Mempercayai dengan sepenuh hati bahwa para Rasul / Nabi adalah manusia – manusia pilihan Allah SWT  yang diutus untuk menyampaikan wahyu – wahyuNya kepada umat manusia.

2.      Mempercayai dengan sepenuh hati bahwa para Rasul / Nabi wajib memiliki sifat – sifta yang mulia dan mustahil bersifat tercela.

3.      Mempercayai bahwa diantara para Nabi dan Rasul itu ada 5 orang yang termasuk “ulul azmi”

4.      Mempercayai dengan sepenuh hati bahwa Nabi Muhammad adalah penutup seluruh Nabi dan Rasul.

  1. Contoh perilaku beriman kepada para Rasul Allah SWT

a.       Menaati ajaran Allah yang di sampaikan Rasul-Nya.

b.      Melaksanakan seruan Rasulullah untuk beribadah hanya kepada Allah SWT  dan menjauhkan diri dari segala sikap serta perilaku syirik.

c.       Berperilaku giat dan rajin bekerja mencari rezeki yang halal sesuai keahliannya.

d.      Melakukan usaha – usaha agar kualitas hidupnya meningkatkan kederajat yang lebih tinggi

 

*      Keadaan siswa

Proses belajar mengajar pada pertemuan ke – 3 ini semua siswa hadir kecuali 2 orang siswa. Awal pengajaran siswa ramai, kemudian guru beserta team teaching segera mengkondisikan. Sebelum guru memulai pengajaran, guru mengadakan permainan untuk menguji konsentrasi siswa, dan permainan ini juga bertujuan agar siswa bisa tetap semangat dalam mengikuti pelajaran agama Islam walaupun jam pelajaran di siang hari.

 

*      Hambatan – hambatan dan  solusi  dalam proses pengajaran :

 

Setelah mengadakan permainan guru memulai mengadakan appersepsi yang bertujuan agar siswa tidak melupakan materi yang minggu lalu telah di ajarkan, pengadaan appersepsi ini dengan cara guru menunjuk siswa untuk menginat materi yang telah disampaikan pada pertemuan ke – 2.

Sesuai dengan langkah – langkah pembelajaran dalam RPP, guru menyampaikan materi secara runtut dan detail serta memberikan contoh – contoh konkrit dalam kehidupan sehari – hari, disamping itu guru juga memberikan media audio visual berupa video – video yang berkaitan dengan materi yang di ajarkan. Dengan adanya audio visual, hal ini bertujuan agar siswa bisa menggali contoh – contoh lebih luas yang terdapat dalam kehiduan sehari – hari.

Kemudian, setelah guru menjelaskan materi guru mengadakan tes lisan dengan menanyakan pada setiap siswa apa yang telah di sampaikan oleh guru pada pertemuan hari ini. Dan setelah itu guru mengadakan diskusi, dalam ruangan kelas ini terbagi 4 kelompok dengan jumlah siswa 42, masing – masing kelompok mengambil soal yang telah di siapkan oleh guru, dan soal – soal tersebut berbeda – beda, agar setiap kelompok bisa saling memahami materi – materi yang lain.

Untuk menambah semangat siswa agar berdiskusi dengan baik, guru memberikan reward kepada kelompok yang kompak dalam mengerjakan dan kelompok yang terbaik dalam meyampaikan diskusi.

 

  1. Pertemuan IV

Pada pertemuan pertemuan ke – empat yakni hari Rabu tanggal 18 Agustus 2010, dikelas XI IPA 2, Dengan alokasi waktu 60 menit. Adapun materi yang akan di ajarkan  sesuai dengan RPP sebagai berikut :

 

*      Standar Kompetensi :

Memahami Ayat – Ayat Al-Qur’an Tentang Perintah Menyantuni Kaum Dhuafa

 

*      Kompetensi Dasar :

  1. Membaca dan melafadzkan Q.S al-Isra’ 26-27
  2. Menyebutkan  arti Q.S al-Isra’ 26-27
  3. Menjelaskan ilmu tajwid dalam Q.S al-Isra’ 26-27
  4. Menjelaskan isi kandungan dan menterjamahkan Q.S al-Isra’ 26-27
  5. Menampilkan perilaku membantu kaum dhuafa dalam kehidupan sehari – hari sesuai dengan Q.S al-Isra’ 26-27

 

*      Langkah – Langkah Pembelajaran

No

Kegiatan

Waktu

Nilai karakter dan kewirasahaaan

A

Kegiatan Awal

1.    Appersepsi

a.       Memberikan gambaran tentang materi yang akan diajarkan

b.      Guru mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari – hari

 

2.    Motivasi

1.      Menjelaskan tujuan pembelajaran berdasarkan metode

2.      Menggambarkan tentang  sistem penilaian

15

Perintah Menyantuni Kaum Dhuafa

 

B

Kegiatan inti

1.      Siswa membaca QS. al-Israa’ 26-27  secara bersama – sama dengan tutor sebayanya

2.      Siswa mengartikan perkata QS. al-Israa’ 26-27

3.      Siswa menyebutkan bacaan ilmu tajwid dalam QS. al-Israa’ 26-27

4.      Menjawab pertanyaan dari guru tentang kandungan . al-Israa’ 26-27

30

C

Kegiatan penutup

1.      Guru dan siswa menyimpulkan materi pembahasan yang telah disampaikan

2.      Refleksi kegiatan pembelajaran

3.      Guru memberikan tugas rumah kepada siswa

15

 

*      Materi Ajar

-          Ayat – ayat tentang anjuran membantu kaum dhuafa

ÏN#uäur #sŒ 4n1öà)ø9$# ¼çm¤)ym tûüÅ3ó¡ÏJø9$#ur tûøó$#ur È@Î6¡¡9$# Ÿwur öÉjt7è? #·ƒÉö7s? ÇËÏÈ ¨bÎ) tûïÍÉjt6ßJø9$# (#þqçR%x. tbºuq÷zÎ) ÈûüÏÜ»u¤±9$# ( tb%x.ur ß`»sÜø¤±9$# ¾ÏmÎn/tÏ9 #Yqàÿx. ÇËÐÈ

Artinya : Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. 27.  Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah Saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya. ( al- Isra’26 – 27 )

-    Isi kandungan Q.S al-Isra’ 26 – 27

  1. Suruhan Allah SWT kepada umat islam untuk memenuhi hak kaum kerabat. Fakir miskin dan orang – orang yang dalam perjalanan
  2. Larangan Allah agar umat Islam tidak menghambur – hamburkan harta

 

n1öà)ø9$##sŒ

Hukum bacaannya alif lam qamariyah karena terletak dalam rangkaian kalimat. alifnya tidak dibaca yang dibaca hanya lam-nya

ûøó$#ur

Hukum bacaannya qalqalah karena huruf ba’ bertanda saksi mati (sukun)

 

*      Keadaan siswa

Ketika awal masuk kelas masih seperti minggu – minggu sebelumnya bahwa siswa selalu ramai dan keluar masuk kelas, namun guru beserta team teching segera mengkondisikan.

 

*      Hambatan – hambatan dan solusi  dalam proses pengajaran :

Pada pembelajaran hari ini bertepatan pada bulan Ramadhan, yang mana waktu pembelajaran berkurang sehingga tidak bisa menjelaskan materi secara detail dan rinci. Pada  awal pembelajaran seperti biasa, guru memulai dengan salam kemudian mengadakan appersepsi, setelah itu guru mengadakan ulangan harian untuk SK 2 karena setiap selesai membahas SK harus di adakan ulangan harian agar mengetahui seberapa besar pemahaman siswa tentang materi yang di ajarkan.

Setelah ulangan harian selesai guru menambahkan untuk menjelaskan materi selanjutnya, dengan memaksimalkan waktu yang ada, oleh karena itu penjelasan dari guru sangat singjat sekali, hanya membaca ayat kumudian menunjuk siswa dan kelompok untuk membaca, setelah itu membahas bacaan tajwid. Namun tidak semua ayat di bahas tentang ilmu tajwid, karena guru mengharapkan agar siswa terus belajar walaupun bukan di sekolah, maka untuk ayat selanjutnya guru memberikan tugas rumah.

Ketika  ada pertanyaan dari guru siswa bisa menjawab dengan baik. Dan ini merupakan salah satu kebanggan tersendiri bahwa kelas XI  IPA 2 mempunyai prestasi yang sangat bagus, walaupun siswa tidak aktif bertanya namun ketika di beri pertanyaan, siswa mampu menjawab dengan baik.

 

  1. Pertemuan V

Pada pertemuan ke – lima yakni hari Rabu tanggal 25 Agustus 2010, di kelas XI IPA 2, dengan alokasi waktu 60 menit. Adapun materi yang akan di ajarkan  sesuai dengan RPP sebagai berikut :

 

*      Standar Kompetensi :

Memahami Ayat – Ayat Al-Qur’an Tentang Perintah Menyantuni Kaum Dhuafa

 

*      Kompetensi Dasar :

  1. Membaca dan melafadzkan Q.S al-Baqarah 177
  2. Menyebutkan  arti Q.S al-Baqarah 177
  3. Menjelaskan ilmu tajwid dalam Q.S al-Baqarah 177
  4. Menjelaskan isi kandungan dan menterjamhkan Q.S al-Baqarah 177
  5. Menampilkan perilaku membantu kaum dhuafa dalam kehidupan sehari – hari sesuai dengan Q.S  al-Baqarah 177

 

*      Langkah – Langkah Pembelajaran

 

No

Kegiatan

Waktu

Nilai karakter dan kewirasahaaan

A

Kegiatan Awal

  1. Appersepsi

a.       Memberikan gambaran tentang materi yang akan diajarkan

b.      Guru mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari – hari

  1. Motivasi

1.      Menjelaskan tujuan pembelajaran berdasarkan metode

2.      Menggambarkan tentang  sistem penilaian

 

15

Perintah Menyantuni Kaum Dhuafa

 

B

Kegiatan inti

  1. Siswa membaca QS. al-Baqarah 177 secara bersama – sama dengan tutor sebayanya
  2. Siswa mengartikan perkata QS.al-Baqarah 177
  3. Siswa menyebutkan bacaan ilmu tajwid dalam QS. al-Baqarah 177
  4. Menjawab pertanyaan dari guru tentang kandungan  QS. al-Baqarah 177
  5. Mendiskusikan contoh perilaku yang mencerminkan dalam QS. al-Baqarah 177

30

C

Kegiatan penutup

  1. Guru dan siswa menyimpulkan materi pembahasan yang telah disampaikan
  2. Refleksi kegiatan pembelajaran
  3. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa

15

 

*      Materi

Ø  Ayat – ayat tentang anjuran membantu kaum dhuafa QS. al- Baqarah

 

* }§øŠ©9 §ŽÉ9ø9$# br& (#q9uqè? öNä3ydqã_ãr Ÿ@t6Ï% É-ÎŽô³yJø9$# É>̍øóyJø9$#ur £`Å3»s9ur §ŽÉ9ø9$# ô`tB z`tB#uä «!$$Î/ ÏQöquø9$#ur ̍ÅzFy$# Ïpx6Í´¯»n=yJø9$#ur É=»tGÅ3ø9$#ur z`¿ÍhÎ;¨Z9$#ur tA#uäur tA$yJø9$# 4n?tã ¾ÏmÎm6ãm ÍrsŒ 4n1öà)ø9$# 4yJ»tGuŠø9$#ur tûüÅ3»|¡yJø9$#ur tûøó$#ur È@Î6¡¡9$# tû,Î#ͬ!$¡¡9$#ur Îûur ÅU$s%Ìh9$# uQ$s%r&ur no4qn=¢Á9$# tA#uäur no4qŸ2¨9$# šcqèùqßJø9$#ur öNÏdÏôgyèÎ/ #sŒÎ) (#rßyg»tã ( tûïÎŽÉ9»¢Á9$#ur Îû Ïä!$yù't7ø9$# Ïä!#§ŽœØ9$#ur tûüÏnur Ĩù't7ø9$# 3 y7Í´¯»s9'ré& tûïÏ%©!$# (#qè%y|¹ ( y7Í´¯»s9'ré&ur ãNèd tbqà)­GßJø9$# ÇÊÐÐÈ

 

 

Artinya : Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi Sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari Kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. mereka Itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka Itulah orang-orang yang bertakwa.

Ø  Isi kandungan al-Baqarah 177

Kebajikan tidak terletak pada menghadapkan wajah kearah timur dan barat tetapi kebajikan adalah memiliki iman yang benar, yaitu kepercayaan yang terhunjam dalam hati. Diucapkan dengan lisan di buktikan melalui amal perbuatan.

 

*      Keadaan siswa  

                                                        

Pada proses pembelajaran hari ini, seperti biasa kondisi kelas ramai hingga gur beserta team teaching bisa mengkondisikan kelas, setelah terkondisikan guru memulai pembelajaran.

 

*      Hambatan – hambatan dalam proses pengajaran :

Kesempatan  hari ini guru mengadakan evaluasi LKS dan kemudian di lanjutkan dengan materi tentang kaum dhu’afa, materi ini telah sampaikan pada pertemuan sebelumnya, namun hari ini membahas tentang Q.S al- Baqarah 177.

Guru langsung memberikan kesempatan siswa untuk membaca bersama – sama, namun karena kondisi tidak efektif, akhirya guru mulai membacakan ayat terlebih dahulu dan kemudian di ikuti oleh siswa. Setelah itu guru menunjuk siswa satu persatu untuk membacakan ayat tersebut dan di ikuti oleh siswa, hal ini bertujuan agar siswa bisa membaca dengan lancar secara individu ataupun bersama – sama. Dah hal ini juga  bertujuan untuk menilai kemampuan membaca siswa yang satu dengan yang lainnya, penilaian individu ini juga merupakan salah satu bukti penilaian kelas personal, jadi setiap siswa memiliki bermacam – macam kategori nilai, yang pertama nilai individu kemudian nilai kelompok, nilai ulangan harian, nilai latihan soal, dan nilai LKS. Hal ini sangat membantu siswa agar lebih mendalami materi – materi yang telah disampaikan.

Setelah materi membaca selesai, kemudian dilanjutkan dengan membahas hukum bacaan yang terkandung dalam Q.S al-Baqarah 177, namun guru hanya membahas setengah ayat, kemudian ayat selanjutnya di kerjakan oleh siswa, hal ini untuk menunjang kemampuan siswa dalam memahami hukum bacaan yang terkandung dalam Q.S al-Baqarah 177.

Guru tidak menjelaskan kandungan dan arti kosa kata pada Q.S al-Baqarah 177, karena waktu yang sangat singkat, sehingga proses pembelajaran hari ini tidak sesuai dengan RPP yang sudah tercantum dalam perangkat pembelajaran.

 

  1. Pertemuan VI

 

Pada pertemuan ke – enam  yakni hari Rabu tanggal 22 September  2010, di kelas XI IPA 2, dengan alokasi waktu 90 menit. Adapun materi yang akan di ajarkan  sesuai dengan RPP sebagai berikut :

 

 

*      Standar Kompetensi :

Membiasakan Perilaku Terpuji

 

*      Kompetensi Dasar :

  1. Menjelaskan pengertian taubat dan raja’
  2. Menampilkan perilaku taubat dan raja’
  3. Membiasakan perilaku taubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari

 

*      Langkah – Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1

No

Kegiatan

Waktu

Nilai karakter dan kewirausahaan

A

Kegiatan Awal

  1. Appersepsi

Memberikan gambaran tentang materi yang akan diajarkan

  1. Motivasi
  1. Menjelaskan tujuan pembelajaran
  2. Menjelaskan langkah – langkah pembelajaran berdasarkan metode
  3. Menggambarkan tentang  sistem penilaian

15

Perilaku Terpuji

B

Kegiatan inti

  1. Menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
  2. Mempelajari dan berlatih peran sesuai dengan skenario
  3. Kelompok mendemonstrasikan di depan kelas
  4. Mengisi lembar kerja dan membahas hasil peragaan dari skenario

60

C

Kegiatan penutup

  1. Guru dan siswa menyimpulkan materi pembahasan yang baru saja disampaikani
  2. Refleksi kegiatan pembelajaran
  3. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa

15

 

*      Materi Ajar

  1. Menjelaskan pengertian taubat

Taubat adalah :

1.      Kembali  dari jalan – jalan yang jauh dari Allah kepada jalan yang lebih dekat kepada Allah

2.      Membersihkan hati dari segala dosa

3.      Meninggalkan keinginan untuk melakukan kejahatan

Syarat taubat :

1.      Menyesal terhadap perbuatan maksiat yang telah diperbuat

2.      Meninggalkan perbuatan maksiat itu

3.      Berjanji dengan sungguh – sungguh tidak akan mengulangi hal itu

4.      Meminta maaf terhadap orang yang telah dirugikan

5.      Mengganti kerugian sesuai dengan kerugian yang dialaminya

  1. Menjelaskan pengertian raja’

Raja’ adalah mengharap keridhaan Allah SWT  dan rahmatNya yang mendatangkan manfaat dan ni’mat

Ciri – ciri orang yang bersifat raja’ adalah :

  1. Optimis yaitu orang yang selalu berpandangan baik dalam menghadapi segala persoalan
  2. Dinamis yaitu giat bekerja, tidak mau tingal diam, selalu bergerak dan terus tumbuh
  3. Berfikir kritis yaitu tajam dalam menganalisa, bersifat tidak lekas percaya dan berusaha menemukan kesalahan
  4. Mengenali diri dengan mengharap keridhaan Allah

 

*      Keadaan siswa

Pada awal masuk setelah libur hari raya idul fitri, keadaan siswa terasa kurang semangat dalam mengikuti pembelajAran, ini di karenakan mungkin siswa masih terbawa suasana  liburan, namun guru segera memberikan motivasi agar siswa tetap mengikuti proses pembelajaran dengan baik, hal ini yang menjadi tugas guru yaitu memberikan arahan agar siswa selalu bersemangat dalam mengikuti proses belajar mengajar.

 

*      Hambatan – hambatan dan solusi dalam proses pengajaran :

Sebelum masuk materi guru menyiapkan alat – alat yang diperlukan untuk mengajar, yaitu laptop dan lcd. Setelah itu guru memberikan instruksi agar siswa menyiapkan alat tulis yang diperlukan serta LKS untuk dibuka. Dan mempersilahkan siswa untuk membaca materi sejenak, agar mempermudah pemahaman siswa.

Kemudian guru menjelaskan materi serta menampilkan vidio tentang materi yang terkait, setelah itu guru menunjuk siswa untuk di beri pertanyaan mengenai materi yang sudah dijelaskan.

Setelah guru selesai menjelaskan materi, siswa mengerjakan uji kompetensi yang terdapat di LKS sebanyak 25 butir soal, durasi untuk mengerjakan 20 menit, setelah siswa selesai mengerjakan LKS kemudian di cocok kan dengan kunci jawaban kemudian guru  menilai hasilnya dengan memanggil nama satu per satu untuk membacakan hasil nilainya.

Untuk pertemuan hari ini proses pembelajaran tidak sesuai dengan langkah – langkah pembelajaran yang terdapat dalam RPP di karenakan karena kurangnya waktu untuk memberikan pengarah agar siswa menyiapkan drama dan guru juga belum mempersiapkan skenario drama untuk mempraktekkan materi taubat dan raja’. Jadi, untuk hari guru hanya menjelaskan materi kemudian memberikan latihan soal (uji kompetensi).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

  1. KESIMPULAN

 

Dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru praktikan sungguh pengalaman yang luar biasa yang bisa dirasakan, namun setiap hal pasti ada hambatan – hambatan yang di alami oleh guru, dan semua  itu bisa di ambil hikmahnya.

Siswa memang semangat dalam mengikuti proses belajar mengajar, dan ini suatu kebanggaan tersendiri yang dirasakan guru karena dari awal pembelajaran hingga pertemuan terakhir siswa masih tetap antusias dalam mengikuti pembelajaran walaupun ada hambatan – hambatan yang dirasakan oleh guru praktikan saat mengajar.

Proses belajar mengajar yang sudah tercantum dalam Rpp dan silabus sudah tercapai, dan ada beberapa yang tidak tercapai secara maksimal sesuai dengan keinginan atau kesiapan guru ketika mengajar, hal ini yang menjadi hambatan bagi guru sehingga kurang maksimal dalam mengajar.

  1. SARAN

Untuk meningkatkan semangat belajar siswa serta pemahaman siswa dalam belajar, alangkah baiknya jika guru memberikan audio visual, hal ini bertujuan agar siswa mendapat pengetahuan dari kejadian – kejadian di luar lingkungan sekolah, dan juga mempermudah siswa untuk lebih mengenal dunia luar, sehingga semangat siswa akan selalu tumbuh dan berkembang, selain itu guru juga harus selalu memberi dukungan dalam bentuk apapun sehingga baik di rumah maupun dsekolah siswa selalu termotivasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 komentar:

  1. Tittanium Games - The Silicon Institute
    Tittanium Games. Tittanium titanium 170 welder Games. Tittanium titanium helix earrings Games titanium wood stove is a game studio that is known for titanium knife creating titanium hair innovative and innovative games that give you

    BalasHapus